Peran Informatika dan Telekomunikasi Dalam Industri Kreatif : Anak-Anak Butuh Itu!





Sebelum Saya mulai, coba perhatikan beberapa gambar berikut ini :


 






Yah, betul sekali... Gambar-gambar di atas adalah sebuah kejadian ketika seseorang tidak tahu menahu tentang Teknologi atau istilah kerennya GAPTEK (Gagap teknologi). 

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara masif mempengaruhi semua sektor kehidupan termasuk sektor pendidikan.  Jenjang pendidikan pada semua tingkatan saat ini dan masa depan mulai berorientasi kepada perkembangan dan perubahan global, ilmu pengetahuan, teknologi seni dan budaya. Suatu prestasi gemilang bagi pemerintah karena telah menjadikan TIK sebagai suatu mata pelajaran di sekolah. Karena memang tak dapat kita pungkiri peran Teknologi sekarang ini sangat penting bagi semua kalangan terutama Anak-Anak. Dan saya akan membicarakan tentang hal itu.

komputer dan Realitas kehidupan Anak
“Computer” berasal dekat dengan istilah to compute yang berarti alat untuk menghitung. Pemakaian komputer dalam segala bidang telah menyebabkan dunia anak juga dikeliingi oleh beragam sarana dan media yang dibuat dengan bantuan komputer. Hadirnya film-film animasi, game kids, rental CD, paket-paket CD pembelajaran dan sebagainya. Tidak terbatas anak kota di daerah pinggiran dan pedesaan fenomena anak suka sekali bermain games adalah bukti nyata bahwa anak-anak menyukai games, rental dan penjual CD hadir di setiap sudut, televisi setiap hari menyajikan tayangan film animasi dengan TV yang selalu dikerumuni oleh anak-anak. Tanpa batas usia mulai dari usia balita, siswa playgroup, taman kanak-kanak, SD, SMP, SMA bahkan mahasiswa masih menyukai beragam media dan sarana hiburan di atas. 


Pada anak usia dini dan SD menunjukkan adanya minat yang tinggi dan sifat alamiah untuk bermain, terlebih setelah mengalami kejenuhan mengikuti aktifitas pembelajaran di sekolah. Realitas ini tidak banyak disadari oleh para guru dan orangtua sebagai modalitas belajar yang potensial. Hal yang memprihatinkan justeru anak-anak banyak mengekplorasi dan menyalurkan  sendiri rasa ingin tahu dan kegemarannya melalui beragam sarana hiburan berbasis komputer yang tidak memiliki nilai-nilai pendidikan. Respon orangtua dengan menyediakan perangkat hiburan di rumah tidak diikuti dengan kesadaran bahwa sumber inspirasi baru yang akan berpengaruh besar terhadap perkembangan emosi dan intelektual anak. Kasus anak menghabiskan waktunya di rental, di depan TV, bermain game berjam-jam bahkan bisa dalam sehari membawa banyak dampak negatif seperti waktu belajar menjadi berkurang, malas sekolah, meniru adegan-adegan berbahaya, merekam peristiwa atau kejadian yang tidak seharusnya dan sebagainya. Tidak mengherankan  apabila muncul budaya kekerasan (bullying) di sekolah yang pernah menyebabkan meninggalnya seorang siswa karena tayangan “smackdown”. 


Disadari sebagai sesuatu yang tidak dinginkan namun suatu realitas bahwa anak-anak tetap menyukai televisi atau game sebagai sarana hiburan. Kondisi ini seharusnya dipandang sebagai modalitas belajar bukan sebagai ancaman atau hambatan perkembangan anak yang justru bisa dimanfaatkan sebagai modalitas belajar dan pembelajaran. Komputer bagaimanapun merupakan sarana hiburan sekaligus media belajar yang pasti disukai anak-anak, namun jumlah komputer yang ada di sekolah sangat terbatas. 

Keunggulan Informatika dan Telekomunikasi Bagi Anak

Komputer sebagai alat dan media pembelajaran memiliki beberapa kelebihan apabila dipergunakan:

1. Sebagai Alat
Sebagai alat, komputer bisa dipergunakan untuk menulis, menggambar maupun berhitung. Bagi anak-anak dapat memencet tombol dan memunculkan huruf tertentu di layar yang berwarna-warni merupakan pengalaman besar dan penuh keajaiban tersendiri. Komputer menyediakan beragam jenis huruf dan fasilitas untuk memanipulasi, merubah ukuran, warna, font dan sebagainya. Untuk berhitung komputer mampu menampilkan sebuah paket program yang mengkombinasikan angka dengan jumlah benda untuk belajar berhitung. Gambar bisa dikurangi atau disembunyikan untuk mengajarkan pengurangan. Program photopaint memungkinkan anak menggambar beragam bentuk dengan kombinasi warna-warna yang indah. Dalam konteks yang lebih luas bahkan komputer bisa menjadi alat permainan apabila disertai dengan software dan CD game  yang menarik.


2. Sebagai Objek pengajaran
Sambil belajar menggunakan komputer sesungguhnya anak bisa mulai dikenalkan dengan perangkat-perangkat komputer mulai dari mouse, monitor, tombol switch, hardisk, casing, CD ROM, CD perangkat lain yang kongkrit termasuk cara menghidupkan, mematikan, memasukan CD, membuka dan ketrampilan dasar lainnya. Termasuk mengenalkan kepada anak manfaat dan kegunaan komputer serta etika pemakaiannya (wisdom technology). 


3. Alat pembelajaran
Sebagai alat pembelajaran sebenarnya komputer bisa dipergunakan oleh guru untuk membantu dalam mengajarkan materi, menanamkan konsep, ketrampilan dan sebagainya yang bisa melengkapi dalam pembelajaran  formal. Guru bisa menyajikan pengalaman belajar yang tidak mungkin disajikan dalam kelas. Anak-anak usia TK dan SD kelas rendah mungkin penasaran bagaimana gunung meletus, gajah melahirkan, ikan hiu dan sebagainya yang sulit dihadirkan di dalam kelas. Melalui perngkat komputer guru bisa menyajikan video mengenai peristiwa-peristiwa tersebut. 


4. mengajarkan Logika
Komputer mampu mengajarkan logika kepada anak. Ada beberapa program komputer yang mengajarkan logika kepada anak. Misalnya sebuah program yang mengajarkan tentang ukuran proporsional berbagai binatang. Di layar terpampang beragam binatang yang akan bergerak dan bersuara jika di ”klik”. Namun, hal itu akan terjadi apabila terjadi pengurutan dari binatang yang ukurannya kecil kepada ukurannya yang lebih besar. Ini bisa mengajarkan kepada anak logika mengenai ukuran binatang secara proporsional, misalnya gajah, kuda dan kambing. Secara meningkat tingkat kesulitan dapat ditingkatkan dengan kemampuan anak untuk mengkatagorikan hewan berdasarkan ciri-ciri tertentu.

Keunggulan Komputer
Komputer sebagai alat dan media pembelajaran memiliki beberapa kelebihan apabila dipergunakan:
1.     Hanya komputer yang mampu menyajikan pembelajaran secara berulang-ulang tanpa mengeluh, lelah dan menurun kualitasnya. Komputer yang mampu  menyatukan beragam konvergensi format media.
berkurang dan potensial untuk mengembangkan jalur-jalur syaraf baru. Anak bisa mengulangi dan memilih kegiatan yang disenangi dari software-software yang ditawarkan. Menurut teori otak bahwa pada masa anak-anak peluang mengembangan jalur syarat baru akan lebih maksima apabila ada ragsanagna multisensorik, dan bisa dihadirkan melalui komputer.
2. Komputer bisa melatih kemampuan-kemamuan motorik halus dan koordinasi antara mata, tangan yang melibatkan emosi anak. Beberapa program komputer ”games kids” yang lebih interaktif bisa menyediakan beragam pilihan aktifitas untuk kepentingan beragam tujuan pembelajaran (kognitif, afektif, psikomotorik) tertentu. 
3. Bisa mengembangkan kreatifitas anak karena kemampuannya yang melebihi kemampuan memfasilitasi penuangan ide di atas kertas dan pensil. Misalnya anak bisa berkreatifitas dengan kombinasi palet warna yang mungkin sangat terbatas apabila menggunakan pastel. 
4. Secara bersamaan bisa merangsang otak emosional (kanan) dan otak berpikir (kiri). Perpaduan multimedia (suara, animasi, warna,  musik, video dan sebagainya).
5. Menjadikan proses belajar menjadi interaktif, bisa disesuaikan dengan gaya belajar anak.


So, Mari manfaatkan Teknologi sebagai sarana Informatika dan Telekomunikasi Bagi Anak-anak kita....

Komputer merupakan sumber daya vital bagi perkembangan kognitif, afektif dan psikomotorik anak apabila benar-benar  dimanfaatkan secara tepat. Sifat dasar anak akan rasa ingin tahu dan ketertarikan pada komputer dengan program komputer seperti games lainnya harus dipandang sebagai modalitas belajar yang harus dimanfaatkan dan diarahkan. Menghindarkan anak dari tayangan yang tidak mendidik melalui program mendidik seperti games dan alternatif yang lebih edukatif akan lebih bermanfaat. Hal ini bisa disebut merupakan langkah cerdas dan bijaksana baik orangtua maupun guru. Persoalan klasik yang ada sementara guru dan orangtua menganggap bermain komputer sebagai sesuatu yang negatif harus dihilangkan. Tantangan lain adalah kemauan pada guru belajar menguasai komputer dan paedagogik pembelajarannya. Tahun 1980-an betapa orang heran dan kagum kepada seseorang yang mampu mengoperasikan komputer, namun 5 tahun mendatang akan lebih mengherankan apabila masih ada orang yang tidak bisa mengoperasikan komputer. Pihak sekolah seharusnya bersama orangtua menyadari dan bekerjasama dalam mengupayakan kemajuan pengalaman belajar anak melalui media komputer. Hadirnya 1 buah komputer untuk suatu sekolah adalah awal yang baik untuk mencapai kemajuan itu.

Lihatlah bagaimana teknologi berpengaruh terhadap seorang anak. 




Sumber : Youtube.com



Beberapa Hal Yang Perlu diketahui Oleh Guru Baru.

Guru, Pengajar ataupun Ustadz merupakan sebuah amanah terkeren sedunia. Yah keren, karena tujuan dari amanah tersebut adalah mencerdaskan bangsa. Coba bayangkan, anak-anak yang awalnya tidak tahu menahu tentang apa-apa lalu kita sebagai guru mengajarinya satu hal, lalu kemudian anak tersebut mengingatnya sampai dewasa bahkan anak itu telah menjadi guru lalu kemudian mengajarkan kembali ilmu yang pernah diterimanya dari kita begitu seterusnya. Betapa besar jasa-jasa kita. 


Baru-baru ini saya diamanahkan untuk menjadi tenaga pengajar di pesantren tempat saya sekolah dahulu. Yah, amanah yang keren menurutku. sekeren david beckham ketika mencetak gol. Bisa membagi ilmu kepada anak-anak itu rasanya luar biasa teman. Selain itu, dari segi pakaian, guru itu keren. Kita tak perlu memakai helm pelindung kepala, kita tak perlu memakai baju norak, dan lain-lain yang membuat kita tidak nyaman.

Namun, setelah merasakan menjadi guru beberapa pekan ini, rasa-rasanya ada beberapa hal yang mesti saya perhatikan dan semoga bisa menjadi pembelajaran juga bagi teman-teman sekalian...
Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika meggeluti pekerjaan sebagai guru baru di sebuah sekolah.

1. Guru adalah pekerjaan terbaik di dunia...  Umumkan kepada dunia dan orang-orang di sekitar Anda, “Saya adalah seorang guru!” Banggalah untuk menjadi seorang guru. karena dengan berbangga, Anda bisa melaksanakan amanah sebagai guru ini dengan begitu maksimal, sehingga hasilnya pun akan berbeda ketika anda tidak berbangga.

2. Anda akan membuat suatu kesalahan. Anda tidak akan dapat membatalkan kesalahan Anda. Akan tetapi menyesali itu semua secara berlarut-berlarut adalah tindakan yang sia-sia. Jika kesalahan Anda memerlukan permintaan maaf, lakukanlah dan teruslah melangkah maju. Tidak akan ada orang yang terus mengingat dan menilai kesalahan yang Anda perbuat kok.

3. Suatu hari Anda akan menangis, dan kabar baiknya, suatu hari Anda akan tertawa! Belajarlah untuk tertawa kepada siswa Anda dan kepada diri Anda sendiri.Tidak ada orang yang dapat mengatur dan mengelola portofolio, proyek, jurnal, tulisan kreatif siswa jenis lainnya pada waktu yang bersamaan dan dalam keaadaan yang normal! Memberikan semua jenis penilaian tersebut adalah hal yang tidak masuk akal jika Anda adalah seorang guru baru. Pilihlah beberapa jenis penilaian yang cocok dan dirasa Anda mampu untuk mengerjakannya. Buatlah inovasi penilaian pada tahun berikutnya.

4. Anda tidak dapat menjadi guru yang kreatif di setiap pembelajaran. Anda akan dituntut kreatif dalam menjalani profesi keguruan. Akan tetapi ada kalanya Anda kehabisan ide untuk menciptakan suatu pembelajaran yang kreatif. Carilah beberapa referensi yang dapat menginspirasi Anda, misalnya jurnal, artikel, buku teks, blog, dan sebagainya. Diskusikan ide kreatif yang telah Anda temukan kepada rekan seprofesi Anda, baik yang lebih senior ataupun junior.

5. Tidak semua siswa atau wali murid akan menyukai Anda. Dan sebaliknya, Anda juga tidak mungkin akan menyukai semua siswa ataupun wali murid Anda. Keadaan ini sangatlah wajar. Profesi guru tidak mengharuskan Anda untuk menyukai semua siswa dan orang tuanya, akan tetapi untuk mengajar semua siswa tersebut. Siswa tidak memerlukan teman seusia Anda, yang mereka perlukan adalah fasilitator, pemandu, dan model suri teladan bagi mereka.

6. Anda tidak harus menjadi sukarelawan bagi segalanya. Janganlah merasa bahwa Anda harus berkata iya untuk berpartisipasi pada semua hal. Cukuplah berkata, “Terima kasih telah mengingat saya, tetapi saya tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan tugas yang Anda berikan.” Tentunya, Anda harus menerima pekerjaan/tugas yang dibebankan kepada Anda jika Anda mampu untuk melaksanakannya. Tetapi ingat, Anda memiliki keterbatasan. Terkadang seorang guru baru ketika diberikan sebuah tugas atau permintaaan tolong dari siswa ataupun dari guru lainnya, serta merta langsung menjalankan tugas tersebut, tidak peduli apakah tugas tersebut bisa ia kerjakan atau tidak. Nah, hal seperti itu perlu kita pertimbangkan. Kalau memang bisa Anda kerjakan dan tidak membuat Anda kelelahan maka lakukanlah, intinya ingat keterbatasan Anda sebagai manusia biasa. sippp.

7. Mengajar akan menjadi mudah. Mungkin bukan besok atau minggu depan, tetapi pada suatu waktu di satu tahun ajaran, pekerjaan mengajar Anda akan menjadi lebih mudah. Cobalah untuk mengingat hari pertama Anda berada di kelas. Apakah Anda grogi? Ya, tentunya semua guru telah mengalami itu semua. Akan tetapi di tahun depan, Anda dapat mengingat hari itu, dan sadarilah betapa banyaknya pelajaran yang telah Anda peroleh.

8. Jika pembelajaran berlangsung dengan buruk, berhentilah. Jika Anda tidak berhasil dalam melaksanakan perencanaan yang telah Anda susun, berhentilah. Pakailah pendekatan pembelajaran yang lainnya. Kemudian belajarlah dari pengalaman tersebut, untuk memperbaiki pembelajaran yang akan datang.

9. Tidak semua siswa akan terus tertarik di setiap menit. Tidak peduli begitu bagusnya Anda mengajar, Anda akan menemukan saat di mana tidak ada siswa yang begitu tertarik pembelajaran di kelas. Solusinya adalah dengan menambahkan volume suara Anda, bergerak keliling kelas, atau mengganti pengajaran dengan aktivitas lain. Mungkin Anda dapat menggunakan peraga atau model untuk meningkatkan pemahaman siswa, atau mungkin juga akan meningkatkan motivasi mereka.


Sekian dan terima kasih, semoga hal-hal di atas bisa membuat kita lebih maksimal lagi dalam menjalankan amanah kita sebagai guru yang menjadi tauladan bagi siswa-siswinya.
Salam guru cerdas....!!!

Smarftren Andromax Z, Benar-benar Handphone Smart







Akhir-akhir ini (semenjak Andromax U2 sudah ada di tangan), kegemaran saya menyusuri seluruh penjuru internet kian lama kian menjadi. Di akhir pekan, saya kerapkali gonta-ganti Cafe hanya untuk menikmati free Wifi yang disediakan oleh cafe tersebut. Seolah-olah dunia ini hanya milik saya dan HP saya. (Mungkinkah karena ini hawanya handphone baru? :) )

Kegemaran saya ini tentu menerbitkan rasa penasaran untuk melakukan pencarian Handphone yang mumpuni untuk memberi pengalaman berinternet ria dan kenyamanan saya nge-game ataupun menikmati kecanggihan kamera lebih baik lagi. Pokoknya yang penting HD, Quad Core, Amazing Graphic dan intinya Dual Sim, jadi kartu lama saya tetap bisa digunakan. Layar 5,5 inci cukuplah untuk dibawa-bawa (tidak kebesaran dan tidak kekecilan).


Ketika melakukan pencarian di Google untuk 'Handphone 5,5" quad core terbaik', ada beberapa situs yang memberikan ulasannya mengenai hal tersebut. Dan saya tertarik dengan ulasan yang membahas Handphone Smartfren Andromax V2. Maka tidak menunggu lama, saya langsung segera mengetik kembali di Google kali ini dengan kata kunci 'Smartfren Andromax V2', dan yang muncul pada peringkat atas adalah Website resmi Smartfren. Begitu saya klik, saya dibawa ke halaman produk Smartfren Andromax V2, tapi setelah saya mencermati lebih lanjut sepertinya kurang sesuai dengan kebutuhan saya. Tak menyerah, saya coba klik kembali ke produk handphone Smartfren lainnya. Saya cukup takjub karena ternyata line-up produk Handphone Smartfren itu banyak dan varitaif sekali, jadi baik konsumen yang quality oriented maupun price oriented bisa terakomodir.



Cukup lama juga saya menjelajahi situs Smartfren dan membandingkan spesifikasi beberapa Handphone, akhirnya saya "terdampar" pada Produk Smartfren Andromax Z yang setidaknya memenuhi spesifikasi yang saya inginkan: HD (1280 x 720 Pixel), Quad Core 1,5 GHZ Processor, terus benar-benar Amazing Graphic dengan POWERVR SGX 544 yang sangat baik digunakan untuk nge-game, baik yang 2D ataupun 3D, serta layar 5,5" pas sekali, dan intinya Dual Sim (salah satu yang jarang dimiliki oleh Handphone mahal lain) yang membuat kartu lama saya tetap ON.. Hehehe.... Pas! ini pilihan yang sempurna.

Terus terang, awalnya saya masih belum paham benar pada nama 'smart' yang melekat di merk Handphone ini. Asumsi saya, ini hanyalah sekedar bagian dari strategi marketing dan product branding. Namun saat saya menggali lebih dalam informasi-informasi yang terkait dengan Handphone ini di forum maupun di Youtube, ternyata Handphone ini benar-benar smart dalam arti yang sebenar-benarnya, lho.



Dengan berbasis Android 4,2 Jelly bean, Dolby Digital Plus, Teknologi Evdo Rev. A, serta Wifi Hotspot yang bisa menjangkau sampai 5 perangkat sekaligus membuat Handphone ini terasa makin istimewa. lalu ada fitur bernama 99x Photo Burst In One Click, di mana kita bisa lebih mudah untuk mengambil dan mengabadikan moment sampai dengan 99 frame secara berurutan dalam satu kali klik. Yang membuat saya makin kagum adalah di Smartfren Andromax Z ada fasilitas Wireless Display Extensions yang membuat kita tidak perlu repot-repot lagi pakai Kabel untuk menyambungkan Smartfren Andromax Z kita dengan Televisi, cukup mengaktifkan Wireles-nya. Nah, smart sekali bukan? :)

Bila disimak review di Youtube, ada sebuah cuplikan unik yang membandingkan antara Smartfren Andromax Z dengan Samsung Galaxy Grand Duos. Berikut cuplikannya :




Sudah terbukti kan? Bagaimana menggiurkannya Smartfren Andromax Z yang bukan hanya Namanya yang smart namun smart dalam arti yang sebenar-benarnya. Luar biasa!. Jadi benar-benar tidak sabar mau coba berinternet ria dengan Handphone ini. Utamanya nge-game, wuihhh.. pasti seru bermain FIFA 14 ataupun balapan di Need For Speed Underground. Dengan kemampuan mumpuni seperit ini saya kira harga untuk Handphone 5,5" di kisaran 2,6 jutaan sudah cukup pantas. So... Mari kita berburu Handphone smart ini!


Untuk melihat perbandingan Produk Smartfren lainnya bisa cek di sini. ==> http://www.youtube.com/playlist?list=PLK4j1yF5OVzPi17tQ4k2TjfcCxqoSz4wx

Terima kasih.. 

Surat Untuk Kau "PENGECUT"




Sumpah.. Saya menulis postingan ini dengan air mata yang terus bercucuran..!!

Hey kau...
Yang senang bermain-main dengan ilmu-ilmu hitam. Sihir, santet, guna-guna atau semacamnya.
Tidak kah kau tahu kalau perbuatan tersebut adalah perbuatan seorang pengecut?
Tidak kah kau tahu, dengan perbuatan itu, kau pun akan tersiksa?
Tidak kah..?? Tidak kah..??

Hey kau....
Yang berhati bukan manusia.
lihatlah di sekelilingmu, orang-orang yang yang telah kau kirimi ilmu busukmu itu.
Lihatlah mereka seperti kau melihat keluargamu sendiri.
Betapa sakitnya, melihat keadaan seperti itu.
Betapa sedihnya, menyaksikan penderitaan semacam itu.

Hey kau....
Yang tak punya hati.
Sudah banyak orang yang melaknatmu ketika kau melakukan perbuatan yang dikutuk itu.
Sudah ribuan orang yang merasa tersakiti dengan semua itu.
termasuk keluargaku sendiri...

Hey kau....
Yang tidak pandang bulu menyakiti orang lain.
Telah banyak anggota keluargaku, baik keluarga jauh ataupun dekat kau siksa dengan itu.
Padahal kami sama sekali tidak berfikiran menyakiti seorang pun.
Kami bahkan ingin jadi sahabatmu...

Hey kau....
Yang bengis, kejam...
Kami berkeluarga, hanya ingin hidup aman, tentram dan damai di atas permukaan bumi ini.
Kami tak ingin keluarga ini kau hancurkan dengan kehebatan ilmu busukmu itu.
Tidakkah kau tahu bagaimana kesedihan kami melihat keluarga kami yang dulunya ceria, kini keceriaanya hancur berkeping-keping?
Tidakkah kau tergores, ketika melihat keluarga kami yang tadinya dapat tertawa lepas lalu kemudian kau hancurkan dengan sekejap lewat kebusukan hatimu itu?
Jutaan liter air mata yang kami keluarkan pun sudah hampir tak sanggup lagi menahan kesedihan ini.

Hey kau...
Saya tak habis fikir, dengan sikap pengecutmu itu.
Apa yang salah dengan keluarga kami.
Kau iri...?? Kau merasa tersakiti...?? Kau tak ingin melihat kami bahagia..??
Yah, sudah jelas... Kau bukan manusia...!! Bahkan lebih busuk dari binatang...
Kau anggap hal seperti ini adalah jalan keluar??
Sungguh kasian dirimu...

Hey kau....
Yang senang menggunakan ilmu hitam untuk menyakiti orang lain.
Sini... Lawan saya...
Serang saya dengan setan-setan dan jin-jin yang kau suruh.
Kirimi saya ilmu busukmu itu...
Siksa saya dengan itu.....
Cukup saya yang kau siksa dengan yang seperti itu. Jangan kau siksa lagi keluargaku, teman-temanku dan orang-orang yang kusayang....
Atau kalau perlu, kau bunuh saya dengan seribu macam siksaan, sampai kau merasa puas.
Sampai kau merasa puass....
Itupun kalau kau berani...
Saya siap kau serang. Percayalah.... Saya tak tahu apa-apa tentang hal seperti itu. Saya tak punya kemampuan apa-apa untuk melindungi diri saya dari ilmu hitam tersebut.
Namun, saya tantang kau, wahai yang memiliki hati lebih busuk dari binatang... Ayo serang saya.
Dan setelah kau serang saya, biarlah saya yang menjadi korabn terakhirmu dan jangan pernah lagi mengganggu keluarga-keluargaku.
Karena kami lahir dengan tenteram dan damai tetapi kau kotori dengan sifat pengecut mu.

Buat keluarga, teman-teman atau orang-orang yang kusayang yang dihadapkan dengan cobaan seperti ini...
saya tak bisa memberikan apa-apa untuk menyelesaikan hal seperti ini. namun, kita semua tahu bahwa satu senjata yang paling ampuh untuk menghadapi hal seperti ini, Yaitu SABAR. Keluarga kita diuji oleh Allah. Dan namanya saja ujian, Ada yang lulus dan ada yang tidak lulus. Kalau kita tetap istiqamah menjalani keSABARan itu. Insya Allah akan diberikan jalan keluar yang begitu indah kelak...!!